Rabu, 09 April 2014

Besar Gengsi daripada Uang

Sekarang ini termasuk jaman  modern atau masakini yah...? jamannya mungkin modern namun sebagian besar masyarakatnya termasuk dalam kategori masakini. kenapa saya anggap masyarakat sekarang masuk dalam kategori masakini karena memang jaman yang serba ada seperti sekarang ini sebagian besar masyarakat kita tergolong masih dibawah garis kimiskinan. tetapi anehnya, masih banyak dari mereka yang enggan mengakui kemiskinannya.
masyarakt cenderung senang dianggap sebagai orang masakini, karena menurut mereka masakini adalah kumpulan orang-orang yang berkembang, maju, modis mengikuti perkembangan jaman dan sebagainya padahal masakini merupakan istilah yang berasal dari bahasa arab yakni "masakin" yang artinya tidak lebih dari "miskin".
gengsi merupakan sifat yang sangat erat melekat pada setiap makhluk. beragam dan bermacam-macam pula polanya. sebagai contoh, sekarang ini kartu kredit adalah hal yang lumrah, banyak dari kita yang mungkin sudah banyak yang punya..alhamdulillah berarti kita benar-benar modern. namun sngat disayangkan ternyata penggunaan kartu kredit tidak seperti yang kita harapkan. pasalnya, banyak dari masyarkat yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran dipusat perbelanjaan, ya memang ini adalah salah satu dari fungsi kartu kredit namun banyak yang menyalah artikan fungsi ini.
masyarakat dengan gaji yang tak seberapa mereka berupaya mendapatkan kartu kredit dengan alasan agar mereka mudah dalam bertransaksi atau melakukan pembayaran. tetapi dalam penggunaannya mereka sengaja menjadikan kartu ini sebagai pengganti uang yang tidak ada atau tidak punya padahal fungsi sebenarnya dari kartu ini adalah sebagai pengganti uang yang tertinggal atau karena lupa membawanya. hal inilah yang membuat mereka layaknya kucing dan tikus ketika berurusan dengan pihak bank.
jadi kita tidak perlu gengsi dengan keadaan kita saat ini, tidak usah berperilaku seolah kita orang mampu punya ini dan itu. katakan miskin jika kita tidak punya toh istilah miskin tidak akan membuat kita jadi rendah.
so...happy salma

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger