Sabtu, 16 November 2013

3 Remaja Tanpa Harta



Tiga remaja dengan baju lusuh, kopiah merah tanpa alas kaki berjalan dengan tegap dan riangnya sambil bergandeng tangan menuju sebuah surau atau tempat ibadah dan melakukan aktifitas pengajian sehari-hari. Tinggal di sebuah desa terpencil nan miskin dengan sandang, pangan dan papan seadanya mereka hidup mandiri.
 Sejak kecil mereka mengabdikan hidupnya di pondokan/ pesantren dekat rumah mereka. Sampai usianya menginjak remaja mereka selalu bersama dalam suka dan duka. Makan tidak makan yang penting nuntut ilmu tetap berjalan ini lah prinsip yang selama ini mereka pegang teguh.
Tulisan ini berkisah tentang tiga remaja yang faqir harta namun kaya akan ilmu agama. Kegigihan mereka dalam menuntut ilmu sangatlah besar, sebesar gunung fuji dan sekeras karang dilautan. Usianya menginjak remaja, aktifitasnya berorientasi pada ilmu, ilmu dan ilmu terutama ilmu agama.
Dipesantren, mereka dipercaya sang guru mengelola tambak ikan dan kebun aneka tanaman sayur di belakang pesantren. Tambaknya cukup luas dengan 6 kolam bersisi dua jenis ikan yang berbeda yakni ikan lele dan ikan bawal. Sedangkan kebun sayur dengan luas 1000 m2 dan ditanami berbagai jenis sayur-sayuran misalnya saja sawi, kol, wortel, kacang panjang, bawang, cabai dan lain sebagainya.
Hamid adalah salah satu dari tiga remaja yang dipercaya mengelola tambak ikan di pesantren sedang dua remaja lainnya adalah rohman dan abdul bertugas mengelola kebun sayur yang cukup luas dan butuh perhatian khusus, karena penyakit tanaman seringkali hinggap dan menghampiri si tanaman sayur.
Pondokan kecil yang hanya beratap jerami, berdinding papan dan beralas ubin tepat di atas kolam ikan mereka singgah dan bersenda gurau namun mereka tetap menjalankan setiap rutinitasnya yakni mengaji pada sang kiayi. Sesekali mereka pulang kerumah dan menyapa sang ibu dengan senyuman memberikan secuil hasil keringatnya dari pesantren.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger